Manchester City Dapat Hasil Imbang Dengan Southampton: Finishing Kurang Memuaskan

Berita Bola  – Manchester United gagal untuk meraih kemenangan pada laga pekan kelima mereka di Premier League 2021/2022. Menjamu Southampton di dalam Etihad Stadium, Sabtu (25/09), mereka harus dapat  puas untuk berbagi poin dengan Southampton degnan skor akhir 0 – 0. Dengan hasil ini, Manchester City berada di peringkat kedua di dalam klasemen sementara Premier League 2021/2022. Mereka berhasil mengoleksi 10 poin dari lima laga sementara, Southampton saat ini berada di posisi 15 klasemen dengan perolehan poin 4 poin dari 5 laga yang sudah di lakukannya.

Untuk Manchester City, hasil ini tergolong sangat merugikan. Tidak hanya karena gagal untuk mendapatkan tambahan poin pada laga tersebut, apabila berdasarkan dari atas kertas, Southampton sendiri bukanlah lawan yang terlalu sulit untuk di kalahkan oleh tim sekelas Manchester City. Pada laga tersebut, Manchester City sukses untuk menguasai pertandingan. Hal ini salah satunya, tampak dari catatan penguasaan bola skuad yan di asuh oleh Pep Guardiola ini. Berdasarkan dari halaman Whoscored tercatat bahwa Manchester City mendominasi penguasaan bola dengan catatan 63.9%. Sedangkan di sili lain Southampton hanya mampu mencatatkan 36.1% penguasaan bola.

Tidak hanya dari penguasaan bola saja, Manchester City juga berhasil memanfaatkan penguasaan bola tersebut untuk dapat menciptakan peluang ke pertahanan Southampton. Pada laga tersebut, mereka berhasil mencatatkan 16 peluang. Sedangkan  untuk tim The Saints tercatat memiliki sepuluh peluang pada laga tersebut. Tidak hanya soal kuantitas saj, kualitas peluang yang di hasilkan oleh Manchester City juga unggul di bandingkan dari Southampton. Hal ini lah yang gambarkan dari nilai yang di tampilkan dari expected goals kedua tim pada laga ini. Expected Goals adalah nilai yang biasa di gunakan untuk mengukur kualitas peluang.

Finishing Kurang Memuaskan

Dalam catatan pada halaman understat, pada laga ini, Manchester CIty, memiliki nilai xG sebesar 1,22. Rata rata, peluan city untuk memiliki nilai xG sebesar 0.076. Sedangkan dari sisi lain, dari sepuluh peluang mereka, Southampton memiliki nilai xG sebesar 0.49. Hal ini berarti peluang Southampton pada laga tersebut berada di angka 0.049.

Akan tetapi, segala keungulan ini tak berarti dengan buruknya penyelesaian akhir Manchester City. Dari 16 peluang yang mereka miliki hanya 1 peluang yang mengarah ke gawang Southampton. Peluang ini dimiliki oleh Phil Foden pada menit ke 89. Sisanya, delapan peluang yang di miliki oleh Manchester City melenceng dari sasaran tersebut. Selain dari jeleknya penyelesaian dari Manchster City,  kuatnya pertahanan dari Southampton juga menjadi salah satu penyebab sulitnya para pemain Manchester City untuk dapat mencetak gol pada laga tersebut. Di tambah lagi pemain pemain bertahan dari Southampton juga kokoh dalam melakukan blok terhadap seranggan pemain Manchester City. Mereka mencatatkan tujuh blok terhadap tembakan dan tujuh blok umpan silang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *